Jumat, 16 Maret 2018

Cara Membuat Mpek-Mpek khas Palembang

Edit Posted by with No comments

Hai Girls and Boys... Disini sahabat akan ajak kalian untuk membuat salah satu makanan khas Palembang,  yaitu Mpek-Mpek.  Makanan dengan berbahan dasar utama ikan giling, menjadikan menu utama bagi penduduk asli palembang.

Menu ini dapat di santap sebagai makan utama atau pendamping saat pagi hari,  siang,  ataupun malam hari. Wahh... Kenapa bisa ya??? Ga bosan kah menyantap menu makanan yang sama setiap saat?....hmmm....

Tentu tidak dong....,  apalagi bagi penduduk asli Palembang. Kalo belum yakin,  girls and Boys coba sendiri membuat makanan khas tersebut....supaya girls and Boys yakin akan kelezatan makanan palembang satu ini.... Okehhh.... Kita mulai untuk membuat...

➡️Bahan :

1. Daging ikan giling 500 gram (belida/gabus/tenggiri), 

(pilihlah daging ikan yang segar,  tidak berwarna hitam atau gelap sekali,  dan tidak bau)

2. Tepung Sagu Udang 500 gram.

3. Telur 1 butir.

4. Bawang putih ukuran besar 8 siang atau bawang putih ukuran kecil/sedang 10 siang.

5. Garam secukupnya sampai dirasa sesuai selera.

6. Air dingin setengah gelas biasa.

7. Penyedap secukupnya.

➡️Cara Membuat :

1. Letakan ikan giling pada wadah besar / waskop. Lalu simpan dikulkas sebentar.

2. Sambil menunggu ikan dingin sebentar,  maka haluskan semua bawang putih tadi yang telah disiapkan.

3. Pisahkan putih telur dari kuning nya. Lalu kocok putih telur hingga seperti air teksturnya, tidak kental lagi.

4. Keluarkan ikan dari dalam kulkas, beri air dingin setengah gelas, lalu masukan bawang putih halus semuanya,  garam 1 sendok dan penyedap secukupnya, aduk rata.

5. Masukkan putih telur yang telah dikocok lepas kedalam wadah adonan ikan dan aduk rata.

6. Masukan 400 gram tepung sagu sedikit  demi sedikit kedalam wadah adonan ikan,  saat sagu di tuang sedikit demi sedikit maka aduk dengan tangan perlahan lahan.

7. Cicipi bila rasa sudah pas.

8. Panaskan air dalam panci sebanyak 3/4 penuh nya,  lalu beri 2 sendok minyak goreng agar saat adonan Mpek-Mpek direbus maka tidak lengket.

9. Saat sudah mendidih, maka ambil adonan sesuai selera dan bentuk seperti silinder atau tabung tabung panjang sesuai selera.

( balur tangan dengan tepung sagu sisa 100 gram yang tak terpakai sedikit demi sedikit saja,  agar tidak lengket di tangan.  Pastikan  untuk tidak banyak menekan adonan terlalu sering dan dalam waktu yang lama,  maka akan membuat adonan menjadi keras).

10. Masukan adonan yang telah dibuat ditangan kedalam panci yang airnya telah mendidih,  kecil kan api. Dan terus lakukan sampai adonan habis.

11. Angkat adonan Mpek-Mpek yang terapung/mengambang dari dalam air mendidih,  dan letakkan dalam wadah berisi air dingin sebentar saja,  lalu tiriskan dan pisahkan  ke dalam wadah. Seperti itu sampai seterusnya.

12. Saat semua adonan Mpek-Mpek sudah matang dan selesai, girls dan Boys bisa langsung menghidang kan dalam wadah saji atau di goreng terlebih dahulu.

( goreng Mpek-Mpek dalam minyak yang panas dan terendam sempurna,  goreng sebentar saja saat warna nya masih putih).

Okehh deh girls and Boys selamat mencoba ya..., terimakasi,  semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar