Minggu, 11 Maret 2018

Dongeng Anak Part II

Edit Posted by with No comments

TIKUS YANG TAK TERLIHAT



Suatu hari, anak anjing shasa mengalami ke gelisahan akan makanan yang shasa simpan lalu menghilang didalam kamarnya. Shasa curiga bila seekor tikus yang mencuri makanan-makanan yang shasa simpan. Dengan kejadian itu, shasa pun berencana mencari tahu mengapa makanan shasa kerap hilang. Shasa menceritakan kepada kitty akan makanan-makanan shasa yang menghilang tanpa tahu siapa pelakunya, kitty adalah anak anjing yang manis dan suka membantu shasa, kitty juga teman satu kamar dengan shasa.

Kitty pun khawatir dan ingin membantu shasa mencari tahu pelaku yang kerap mengambil makanan shasa. Di hari pertama shasa memulai menyelidiki pelaku yang kerap menghilangkan makanan shasa, dengan cara menunggu sampai malam agar shasa dapat menangkap tikus yang merupakan pelaku kecurigaan shasa yang kerap mengambil makanan shasa. Malam pun tiba, shasa kembali menyimpan makanan kue yang shasa letakan di atas meja dalam kamar. Sambil menunggu, shasa membaca buku dongeng anak untuk menghilangkan rasa mengantuk shasa.

Malam pun semakin larut, shasa tidak bisa menahan rasa mengantuknya, dan kitty yang hendak membantu shasa menangkap tikus tersebut pun tertidur lebih dulu dari shasa. Akhirnya shasa tertidur juga tak selang berapa lama dari kitty. Pagi hari pun tiba, dan benar bahwa makanan shasa kembali menghilang. Bingung kenapa shasa dan kitty kerap tidak melihat tikus tersebut melintas di kamar shasa. Shasa kembali berencana untuk menahan kembali tidurnya malam ini agar dapat melihat tikus yang mengambil makanan shasa.

Di malam kedua ini, shasa kembali meletakan coklat yang di tidak habis dimakan karena terlalu besar bagi shasa, shasa dan kitty berusaha keras menahan rasa mengantuknya dengan banyak minum dan bercerita sampai malam semakin larut, shasa dan kitty benar-benar kelelahan dan tertidur akhirnya gagal melihat tikus yang menjadi kecurigaannya. Pagi hari, saat shasa bangun, ia melihat bungkus coklat yang tersisa di atas mejanya, dan coklatnya pun kembali menghilang.

Merasa lelah mencari tahu pelaku yang mengambil makanan shasa, akhirnya shasa berniat tidak menyimpan makanan shasa di atas meja lagi. Malam pun tiba, shasa dan kitty merapikan kasurnya untuk bersiap tidur, shasa melihat kitty meletakan roti kejunya di atas meja dan shasa menasehati kitty untuk tidak meletakan rotinya disana agar tidak hilang seperti makanan shasa. Tapi kitty tidak khawatir dan yakin  karena rotinya tidak akan bisa di ambil tikus yang  terbungkus oleh plastik.

Dan benar, keesokan paginya, shasa melihat kitty yang gelisah, rupanya kitty kehilangan roti keju nya, yang tersisa diatas mejanya hanyalah bungkus plastik roti keju. Akhirnya kitty dan shasa menyerah dan tidak lagi meletakan makanan mereka di atas meja. Kitty dan shasa kembali tidur diwaktu yang benar. Di tengah malam shasa merasa gelisah, shasa mendengar suara-suara berasal dari meja, tapi karena terlalu lelah, shasa tidak menghiraukannya dan kembali tidur. Pagi hari tiba, shasa bertanya kepada kitty akan suara-suara yang ia dengar tadi malam, rupanya kitty mendengarnya juga.

Tak selang berapa lama Kuku datangm, dan bertanya kepada shasa dan kitty apakah mereka memiliki makanan, kuku adalah teman satu kamar shasa dan kitty yang pendiam dan lucu. Wajah kuku terlihat tidak sehat, shasa dan kitty mengira jika kuku sangat kelaparan, akhirnya shasa dan kitty membawa kuku ke ruang makan dan membuat makanan dan minuman hangat  untuk kuku. Shasa dan kitty bertanya kepada kuku kenapa bisa tidak makan ?. karena shasa dan kitty selama ini tidak pernah melihat kuku makan dengan sehat dan benar dan diwaktu tepat. Sehingga menanyakan alasannya kepada kuku.

Kuku menjawab bahwa ia tidak ingin perutnya terlihat menggelembung bila memakan banyak makanan, dan kuku memilih makan disaat dalam keadaan benar-benar lapar saja, kuku pun bercerita tidak  pernah bisa menahan laparnya pada malam hari, di ruang makan pun tidak ada makanan yang tersisa sehingga ia kerap mengambil makanan shasa dan kitty di atas meja. Saat itu shasa dan kitty akhirnya tahu bahwa yang memakan makanan mereka di meja pada malam hari adalah kuku.

Shasa dan kitty menasehati kuku akan perbuatannya, karena tidak baik untuk kesehatan kuku juga. Tubuh kita membutuhkan energi untuk beraktivitas dan energi tersebut didapat melalui makanan yang diolah maupun tercerna dalam tubuh kita. Dan juga untuk selalu istirahat diwaktu yang baik dan benar. Akhirnya kuku menyesal dan tidak ingin merasakan sakit pada perutnya lagi. Ia kembali makan dengan makanan sehat dan diwaktu yang baik dan benar.  

0 komentar:

Posting Komentar